Rabu, 19 Mei 2010

Kerjasama AIPNI dengan Asosiasi Sejenis Luar Negeri

Depok, 20 Mei 2010
AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia) dalam upaya mengenalkan kepada dunia Internasioal menjalin kerjasama dengan organisasi sejenis dinegara tetangga Thailand yaitu dengan Praboromarajchanok Institute (PBRI) yang berkedudukan di Bangkok. Bentuk kerjasama tersebut antara lain :
1. Pertukaran mahasiswa dan staf dosen anggota AIPNI
2. Joint Research
3. Joint Scientific Activities

Penandatanganan secara resmi kerjasama AIPNI – Praboromarajchanok Institute Thailand telah dilaksanakan 2 tahun lalu tepatnya pada tanggal 7 April 2008 yang bertempat di auditorium Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai tempat sekretariat AIPNI.

Bentuk kerjasama Joint Scientific Activities telah dilaksanakan berupa International Seminar yang diadakan bulan Juli 2007 di Medan dengan penyelenggara Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Partisipan asing berasal dari Thailand, Australia, dan Hongkong.

Kerjasama ini berlanjut berupa International Conference di Bangkok pada tanggal 11 -13 November 2008 dengan tema ” Health and the Changing World”. Penyelenggara adalah PBRI Thailand, AIPNI Indonesia, dan Edith Cowan University, Australia. Peserta berasal dari berbagai Negara antara lain Inggris, Canada, Amerika, India, Myanmar, Afrika Selatan, New Zealand. Peserta dari Indonesia sebanyak 42 orang (dari berbagai institusi pendidikan dan pelayanan) dan 13 orang diantaranya menyajikan makalah hasil risetnya serta 3 orang sebagai moderator.

Kegiatan joint international conference yang ketiga akan dilaksanakan di Yogyakarta, Indonesia dimana PSIK-UGM telah ditunjuk sebagai pelaksananya dengan didukung juga oleh Perguruan Tinggi Anggota Aipni di Wilayah Yogjakarta antara lain PSIK FK UMY. Penyelenggara tetap dari tiga pihak yaitu PBRI Thailand, AIPNI Indonesia, dan Edith Cowan University Australia. Kegiatan akan dilaksanakan tanggal 17 sd 19 Nopember 2009.

Pelaksanaan kerjasama lain yaitu pertukaran mahasiswa dan dosen yang telah dilaksanakan oleh STIKES Bali dimana telah mengirim 20 orang mahasiswa dan dua orang dosen ke Bangkok untuk tinggal dan belajar bersama selama tiga bulan sejak awal September 2008 diakhiri pada 20 Nopember 2008.

Selanjutnya, beberapa mahasiswa dari beberapa institusi pendidikan keperawatan di Bangkok dan sekitarnya akan tiba di Bali pada tanggal 8 Mei 2008 untuk tinggal beberapa minggu dan akan diakhiri dengan seminar ilmiah pada akhir bulan Mei. Para mahasiswa ini disertai oleh beberapa dosen pembimbingnya.

Kami berharap bahwa pengembangan ini dapat dilakukan oleh Anggota AIPNI di seluruh Indonesia dengan difasilitasi Oleh AIPN..

2 komentar:

septaronald mengatakan...

Berdasarkan informasi yang kami terima saat RTA di Bali beberapa waktu yang lalu, bahwa prosedur pengajuan beasiswa BPPS untuk dosen yang berlatarbelakang Ners untuk melanjutkan ke S2 Keperawatan tanpa harus memiliki jabatan fungsional, maka kami berharap dapat disosialisasikan surat edaran resmi nya, sehingga dapat kami teruskan kepada Perguruan Tinggi yang sedang membuka program S2 tersebut serta pihak Kopertis. terima kasih

lasikdallas mengatakan...

Infonya bermanfaat trimakasih
Training K3